Selasa

ANALISIS LOGO ANDROID

DESAIN PEMODELAN GRAFIK
ANALISIS LOGO ANDROID








Disusun oleh:
Aldi Ginanjar Ardiansah
50414741
3IA07




TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017


·                     LOGO
 Logo merupakan sebuah tanda, lambang, atau simbol yang mengandung makna dan digunakan sebagai identitas visual dari suatu individu maupun suatu kelompok. Kehadiran logo sangat diperlukan, yaitu sebagai tanda pengenal identitas dari sebuah perusahaan agar mudah diingat dan dikenalsecara umum oleh masyarakat.
Identitas suatu perusahaan merupakan cerminan dari visi, misi suatu perusahaan yang divisualisasikan dalam logo perusahaan. Logo merupakan suatu hal yang nyata sebagai pencerminan hal-hal yang bersifat non visual dari suatu perusahaan, misalnya budaya perilaku, sikap, kepribadian, yang dituangkan dalam bentuk visual.
Logo bisa berupa gambar, tulisan, atau gabungan antara keduanya. Logo juga merupakan identitas suatu perusahaan dalam bentuk visual yang diaplikasikan dalam berbagai sarana fasilitas dan kegiatan perusahaan sebagai bentuk komunikasi visual. Logo dapat juga disebut dengan simbol, tanda gambar, merek dagang (trademark) yang berfungsi sebagai lambang identitas diri dari suatu badan usaha dan tanda pengenal yang merupakan ciri khas perusahaan.
·                     ANDROID
Android (/ˈæn.drɔɪd/an-droyd) adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintardan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.
Google Android saat ini merupakan sistem operasi (operating system) yang paling banyak digunakan dan paling terkenal di dunia. Selama beberapa tahun terakhir ini, Android telah mengubah perilaku penggunaan smartphone dan mengklaim menjadi sistem operasi paling populer di dunia (berdasarkan pangsa pasar).
·                     LOGO ANDROID
Logo Android lahir dari sebuah rancangan dari desainer yang bernama Irina Blok. Dia mengungkapkan bahwa logo Android dirancang untuk menjadi sebuah maskot berskala internasional. Pemilihan logo tersebut diperlukan sebuah hubungan dengan nama, kemudian tim desainer memutuskan untuk menggali beberapa desain atau sketsa yang sangat sederhana.
Adapun beberapa rancangan logo yang saat itu dibuat adalah sebagai berikut:



 "Pemilihan logo / lambang / simbol pada suatu perusahaan baik itu bentuk, warna ataupun tulisan  akan menunjukkan secara tidak langsung Visi dan Misi dari perusahaan tersebut. Setiap perusahaan tentunya tidak akan sembarang menentukan simbol, warna, dan bentuk. Hal ini dikarenakan mereka harus memilih logo yang tepat sesuai dengan Visi Misi perusahaan mereka".
            Berikut beberapa arti dari pemilihan logo android yang di gunakan hingga sekarang.
1. Bentuk Robot
Bentuk robot dimaksudkan agar pengguna Android dapat memodifikasi perangkat Android untuk meningkatkan kinerja, mengubah UI (User Interface), bahkan mengganti ROM untuk menjadi lebih baik lagi. Seperti halnya robot yang di modifikasi untuk perang.
2. Warna Hijau
Apakah Anda tahu bahwa warna hijau artinya tumbuh dan berkembang dengan begitu baik dan pesat, yang berarti warna ini sangat cocok untuk digunakan di dalam logo Android. Oleh karena itu, perkembangan dan pertumbuhan Android sekarang sangat pesat dan begitu populer di seluruh dunia.

3. Dua Antena di Kepala
Arti dari bagian ini adalah bahwa Android adalah sebuah ponsel pintar yang dapat mengelola semua data dengan baik dan memiliki kemampuan untuk "hidup" berbagai di bidang jaringan, baik itu komunikasi telepon (GSM-CDMA), jaringan internet (4G-LTE, HSDPA, HSUPA, Rev.A/B, EDGE, GPRS, dsb), serta konektivitas internal (Wi-Fi, Bluetooth, NFC, USB-OTG, Micro-SD)
4. Dua Mata Berbentuk Bulat
Untuk bagian ini juga memiliki arti yang adalah bahwa Android OS dapat langsung melihat dunia dengan fitur "online" yang dapat dilakukan secara terus menerus dan juga terintegrasi dengan dunia maya untuk penjelelajahan, melihat video dan hal-hal yang baru dapat di download secara langsung.
5. Bentuk Tangan Terpisah dan Oval


Dengan logo Android yang memiliki bentuk tangan terpisah serta berbentuk oval, mempunyai arti bahwa Sistem Operasi (Android) ini di peruntukkan bagi semua kalangan, baik itu kalangan atas, menengah, serta  dapat dijangkau kalangan bawah sekalipun.

Logo tersebut mengalami beberapa kali revisi sebelum ditetapkan sebagai maskot Android seperti sekarang. Pemilihan warna hijau didasarkan atas nilai warna standar print PMS 376C dengan warna Hex #A4C639. Irina menjelaskan bahwa warna hijau dapat kontras hampir dengan semua warna terutama dengan warna-warna gelap.
Awalnya logo tersebut sempat dianggap menjiplak dari sebuah karakter game yang berjudul “Gauntlet: The Third Encounter”, namun Irina Blok menyangkal isu tersebut. Dia menjelaskan bahwa logo tersebut dibuat tanpa adanya unsur plagiat.

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar